Outfit Liburan ke Korea di Bulan Mei

Buat beberapa orang,  masa liburan alias jalan-jalan yang paling penting adalah pengalamannya. Tetapi, bagi orang-orang lainnya, traveling adalah paket komplit yang harus berkesan secara keseluruhan, termasuk outfit alias pakaiannya. Buat saya, traveling adalah momen penting yang akan saya kenang selamanya, jadi outfit juga penting.

Penting di sini tidak berarti harus terlalu fokus memikirkan pakaian apa yang harus dipakai sampai melupakan kesenangan utama untuk traveling. Bukan. Tapi penting dalam artian harus sesuai dengan situasi, kondisi, dan nyaman untuk mendukung kita dalam explorasi destinasi wisatanya, plus nilai estetika agar kenangannya sempurna.

Apakah perlu budget khusus untuk outfit jalan-jalan? Tergantung. Jika destinasi wisata yang akan kita kunjungi memiliki musim atau cuaca yang jauh berbeda dari keseharian kita, tentu kita harus mengusahakan pakaian yang sesuai. Misalnya, seperti saat ke Korea baru-baru ini, di sana masih cenderung dingin yakni masih belasan derajat celsius bahkan mencapai di bawah 10° saat malam hari. Sebagai manusia tropis, tentu saya harus mengusahakan pakaian yang sesuai agar nyaman dan tetap sehat saat berada di sana.

Karena selama ini tidak pernah berkunjung ke negara empat musim, alhasil saya harus membeli coat alias outer hangat. Terpikir untuk meminjam saja ke teman, tapi saya berpikir setidaknya saya harus punya satu sebagai motivasi agar bisa sering traveling ke negara empat musim lainnya. Amin.

Jadi, secara ringkas, saya akan sharing tentang outfit yang saya pakai saat traveling ke Korea baru-baru ini. Ini hanya sekadar sharing berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi semoga dapat menjadi referensi atau masukan ya. Tidak harus diikuti, jadi pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

Penting tidk berarti harus terlalul fokus memikirkan pakaian apa yang harus dipakai sampai melupakan kesenangan utama untuk traveling. Bukan. Tapi penting dalam artian harus sesuai dengan situasi, kondisi, nyaman untuk mendukung kita dalam explorasi destinasi wisatanya, plus nilai estetika juga penting biar kenangannya sempurna.

Apakah perlu budget khsusus untuk outfit jalan-jalan? Tergantung. Jika destinasi wisata yang akan kita kunjungi memiliki musim atau cuaca yang jauh berbeda dari keseharian kita, tentu kita harus mengusahakan pakaian yang sesuai dengan destinasi wisata. Misalnya, seperti saat ke Korea baru-baru ini. Di sana masih cenderung dingin yakni masih belasan derajat celsius bahkan mencapai di bawah 10° saat malam hari. Sebagai manusia tropis, tentu saya harus mengusahakan pakaian yang sesuai agar nyaman dan tetap sehat saat berada di sana.

Karena selama ini tidak pernah berkunjung ke negara empat musim, alhasil saya harus membeli coat alias outer hangat. Terpikir untuk meminjam saja ke teman, tapi saya berpikir setidaknya saya harus punya satu sebagai motivasi agar bisa sering traveling ke negara empat musim. Amin.

Jadi, secara ringkas, saya akan sharing tentang outfit yang saya pakai saat traveling ke Korea baru-baru ini. Ini hanya sekadar sharing berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi saya harap dapat menjadi referensi atau masukan ya. Tidak harus diikuti, jadi pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

Let’s dig in!

Outfit yang nyaman akan membuat jalan-jalan makin berkesan.
  • Heattech

Sebagai manusia tropis, udara dingin yang tidak bisa diprediksi bisa saja memberikan “shock therapy” bagi tubuh kita. Karena cuaca atau suhu direspons berbeda oleh setiap tubuh maka sebagai antisipasi bawalah heattech baik untuk atasan maupun bawahan. Heattech ini berfungsi menghangatkan tubuh. Bahannya lembut dan elastis, mirip seperti legging untuk bawahan atau manset untuk atasan. Khusus atasan, ada juga yang jenis turtle neck. Bahannya pun beragam, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Gunakan heattech setelah memakai dalaman alias sebelum memakai outfit yang sebenarnya (memangnya ada outift tidak sebenarnya? Hahaha). Sejujurnya, saya juga pertama kali membeli heattech saat akan berangkat ke Korea. Saya pilih heattech dari Uniqlo karena selain mudah mendapatkannya, berdasarkan review yang saya baca, kualitas Uniqlo juga sudah teruji.

Model turtle neck, pic: Uniqlo.
Warna berbeda agar tidak monoton, pic: Uniqlo.
Untuk bawahan agar kaki tetap hangat, pic: Uniqlo.
  • Sweater Aneka Warna

Sweater atau baju lengan panjang hangat cukup multifungsi karena selain menghangatkan badan, warna-warnanya juga bisa memberikan style yang berbeda saat kita jalan-jalan. Uniknya, sweater bisa kita padupadankan dengan coat, jaket, blazer, dan selalu cocok dengan berbagai bawahan, baik itu jeans atau celana bahan biasa. Untuk jumlah sweater sesuaikan saja dengan berapa lama trip yang akan dilakukan. Untuk menghemat bagasi, satu sweater dapat dipakai dua hari, tinggal disiasati aja. Misalnya, hari pertama hanya sweater saja, hari selanjutnya dengan coat atau blazer.

Sweater sangat mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan atau toko pakaian yang memang khusus menjual baju musim dingin atau pakaian yang terbuat dari bahan rajutan. Saya membeli sweater-sweater saya di MKY, toko pakaian yang menjual baju-baju perempuan bergaya Korea. Jadi, pas banget kan?

Pilihlah sweater warna cerah dan kontras.
Sweater bisa dipadupadankan dengan celana panjang maupun jeans.
Jangan lupa pilih warna favorit, seperti saya warna pink.
  • Coat

Coat atau jaket hangat juga sangat penting apalagi jika kita belum pernah berkunjung ke negara empat musim dan di saat masa-masa peralihan musim. Bahkan ada beberapa negara yang cuacanya sangat tidak terprediksi. Jadi, akan lebih nyaman kalau kita cukup prepare dan berjaga-jaga. Bisa saja sih dengan opsi membeli di negara tujuan sesuai apa yang dibutuhkan. Tapi, bagi saya pribadi, membawa sendiri dari rumah akan lebih nyaman dan tentunya lebih hemat.

Coat sendiri bermacam-macam, ada yang extra hangat terbuat dari bulu angsa atau bulu-bulu hewan lainnya. Ada yang medium alias hangat tapi tidak terlalu tebal. Ada yang cukup hangat dan bahannya ringan dan tipis. Kalau saya, saat ke Korea menggunakan yang medium karena cuaca di sana saat itu sudah mulai hangat. Coat cokelat muda ini saya beli di H&M.

Coat membuat badan hangat dan tetap stylish.
  • Blazer

Karena bulan Mei cuaca di Korea mulai hangat, maka saya pun membawa sebuah blazer untuk dipadu-padankan dengan sweater dan kaos. Blazer juga multifungsi karena bisa membuat badan hangat sekaligus stylish. Saya pribadi ingin memakai blazer karena teracuni gadis-gadis dalam drama Korea yang gemar sekali memakai blazer dalam kesehariannya. Jadi, saya juga ingin mencoba bergaya ala gadis-gadis Korea di negaranya langsung.

Blazer pun bermacam-macam lho! Ada yang lengannya panjang, ada yang 7/8. Panjang blazer pun ada yang sampai ke paha, ada yang cuma sampai pinggul. Untuk blazer pink ini, saya beli di Bershka karena selain bahannya enak, kualitasnya bagus, juga banyak pilihan model yang bisa kita sesuaikan dengan bentuk dan tinggi badan kita.

Blazer multifungsi, hangat sekaligus stylish ala gadis-gadis Korea.
Blazer pun cocok untuk sweater.
  • Kaos

Kaos adalah pakaian wajib saat traveling. Selain nyaman, kaos juga ringkas. Bawalah beberapa kaos yang harus tetap disesuaikan dengan cuaca yang ada. Utamakan yang tidak tipis, karena meskipun Korea mulai hangat, anginnya tetap kencang lho!

Kaos yang nyaman dan warna netral sangat mudah dipadupadankan.
  • Jeans

Buat saya pribadi, jeans cukup multifungsi karena bisa memberikan style yang berbeda dengan hanya menambah aksen. Misalnya, jeans bisa dipakai panjang atau diberi lipatan di bawahnya sehingga seperti celana gantung atau 7/8. Sudah beberapa tahun, saya selalu memakai jeans dari Giordani, karena bahannya enak, kualitasnya tahan lama, dan cukup tebal.

Jeans memang paling cocok dengan cuaca cerah.
  • Celana Panjang Hitam

Kenapa saya tekankan warna hitam? Karena warna netral ini bisa dipadu-padankan dengan berbagai bentuk atasan dan seluruh warna. Jadi, akan sangat menghemat bawaan kita karena tidak perlu membawa banyak bawahan atau celana. Selain itu, celana panjang non-jeans sangat penting jika kita banyak berjalan dan mendaki karena akan membuat badan tetap nyaman. Sedangkan jeans, kadang lebih ketat atau kaku sehingga saat mendaki kadang memberikan kesan kurang leluasa bagi kita. Celana panjang saya ini pun saya beli di Giordani karena kualitasnya bagus, bahannya enak, tidak gampang lusuh, dan tidak luntur.

Celana panjang nyaman saat mendaki.
  • Kupluk atau Topi Hangat

Saat malam hari, Kota Seoul sangat dingin dan berangin, jadi saya sarankan untuk membawa topi hangat atau kupluk untuk melindungi kepala dari angin dan menjaganya tetap hangat.

Kupluk hangat yang juga stylish.

Nah, itulah outfit yang saya pakai selama lima hari liburan di Korea kemarin. Beberapa outfit memang saya beli baru karena belum punya sebelumnya. Yang paling utama adalah jaga kesehatan dan nikmati masa-masa liburan untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan sebanyak-banyaknya. Selamat liburan!

Published by Feni Saragih

Everywhere is my study field, everywhere is worth to walk.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: